Selasa, 29 November 2011

Gambaran "Kebingungan" Saat ini

Saya akui kali ini memang benar-benar lagi terserang flu, bahkan bukan hanya hidung yang tiap hari saya buat bernafas, kaki yang notabennya juga bisa diajak jalan ke sana ke mari, sekarang pun terasa berat, dan saya rasa kaki saya juga lagi terserang flu.

Hmm...Apakah penyebab semua ini adalah pergantian musim??saya jawab tidak.
Eits berbicara tentang pergantian musim sangat "menarik" memang, cobalah kita tengok ke "atas" sebentar untuk membahas pergantian musim ini, kalau dalam analisa saya, pergantian musim kali ini memang sangat menggemparkan sekaligus membingungkan. Para pejabat-pejabat yang sedang menduduki jabatannya seolah bersaing ketat dalam momen "pergantian musim" ini. Lho kenapa saya tiba-tiba ngomongin pejabat ya..haha.

Saya langsung utarakan ni ja ya, menyinggung sedikit tentang reshuffle kabinet Indonesia Bersatu Jilid II cukup menghibur dalam arti menggelitik perut rakyat kecil seperti saya. (*Lho qo vulgar bgt) Tak kasih contoh kecil...partai yang dulunya ngotot banget gak mau jadi koalisi, semenjak ada "pergantian musim" mereka langsung berbondong-bondong bersaing untuk menjadi koalisi partai yang dianggap mereka paling kuat...hahaha jan wagu tenan.
Akhirnya apa...Bapak Presiden kita Yang Terhormat bingung dan memberikan keputusan salah satunya yaitu menambah wakil-wakil menteri. Hal ini sontak menggemparkan dunia persilatan, ups dunia politik maksut saya. Ada yang menganggap boros lah ada yang menganggap apa lah. Sebenarnya saya males buuaanggettt membahas pemerintahan kita, tapi mau gimana lagi seolah-olah "pergantian musim" ini pas banget dengan pergantian musim kemarau ke musim hujan....hahaha Terus kalo ini jadi alasan berarti pergantian musim mendatang apakan ikut-ikutan "ganti musim" juga??
saya jawab "gitu ja qo repot".

Ok lah kita tinggalkan itu, balik lagi ke soal flu tadi. Tubuh kita ini dikendalikan oleh kepala yang didalamnya terdapat otak yang gunanya untuk mikir. Akan tetapi pemikiran-pemikiran yang dikeluarkan otak disaring terlebih dahulu oleh salah satu organ yang menurut saya sangat penting sekali yaitu "HATI" kemudian diresapi oleh perasaan. Setiap kegiatan yang kita lakukan pasti disaring oleh hati. La ini yang membedakan kegiatan orang "jahat" dengan kegiatan orang "baik". Lain dari itu mungkin orang tidak pernah menghiraukan bahwa ditengah-tengah kata jahat dan baik itu ada kata lagi yang turut andil dalam melakukan kegiatan. Kata tersebut adalah "bingung". Ketika orang dalam posisi kata ini, orang tersebut akan mengalami depresi yang ringan contohnya mondar-mandir sendiri, dll. Bahkan gejala depresi yang berat contohnya stres..horor jg ya..

Terus apa hubungannya flu dengan bingung??saya jawab sangat erat sekali hubungannya....hmmm aneh kan.
Ketika orang bingung, orang tersebut lagi mengalami ketidaksingkronan antara Hati dengan Pikiran. Dan dalam posisi ini Hati tidak mau menyaring tindakanyang dihasilkan oleh pikiran, sedangkan pikiran ngotot sekali ingin melakukan kegiatannya. La dengan adanya hal itu perbuatan atau kegiatan yang akan kita lakukan ngambang alias tidak jelas yang akhirnya kalau masih tetap dijalankan kemungkinan besar menghasilkan efek yang kurang baik. Bahkan tidak hanya efek fisik yang kurang baik, jiwa kita ikut-ikutan tidak baik. Salah satu efek dari hal tersebut adalah timbulnya penyakit-penyakit yang tidak jelas pula seperti saya tadi. Dan biasanya hal yang sangat mempengaruhi adalah tentang CINTA, Lo qo malah tambah gak nyambung ya....
Karena kebingungan cinta, orang bisa melakukan hal-hal yang tidak masuk akal, karena kebingungan cinta, orang tiba2 bisa jatuh sakit. Gak percaya?? buktikan sendiri..Di sini saya juga masih bingung apa sebenarnya penyebab kebingungan saya, apakah itu masalah cinta, wanita, tahta atau harta apakah itu masalah lain yang sehingga mengakibatkan
"kaki yang notabennya juga bisa diajak jalan ke sana ke mari, sekarang pun terasa berat, dan saya rasa kaki saya juga lagi terserang flu"... Dan mungking pejabat-pejabat yang lagi "pergantian musim" itu lagi bingung juga kali ya...hahaha

(Dedy Setyartono)

Rabu, 26 Januari 2011

Desain Komunikasi Visual (Desain Grafis)


Telah lama kita ketahui, Ilmu Desain Grafis telah berkembang menjadi Desain Komunikasi Visual. Jika desain grafis hanya berorientasi pada grafis dua matra, maka jangkauan Desain Komunikasi Visual telah berkembang meliputi beberapa jaringan.

Pada hari-hari kemarin penulis sempat membaca buku mengenai Ilmu Pengantar Desain Komunikasi Visual oleh Adi Kusrianto, alangkah bergunanya jika ilmu yang penulis dapat dari membaca buku tersebut dishare lewat blog saya ini kepada temen2 yang menyukai ilmu desain komunikasi visual, akan tetapi penulis hanya menampilkan poin-point pentingnya saja, bacaannya kurang lebih sebagai berikut :

Akan sangat berguna bagi Anda yang tertarik pada pembelajaran Desain Komunikasi Visual untuk memahami hal-hal pokok yang berkaitan dengan disiplin ilmu ini.

Secara akar, Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu cabang Seni Rupa dan Seni Grafis. Namun ada perbedaan yang cukup jelas antara Seni Murni dengan Desain Komunikasi Visual. Konsep umum Seni Rupa murni adalah suatu ekspresi seni dari seorang perupa (secara subjektif) yang disalurkan kepada penikmat karyanya melalui kesamaan pandang maupun cita rasa, sedangkan Desain Komunikasi Visual adalah bidang studi yang mendasarkan pada tiga konsep utama (main conceptual), yaitu :

· Konsep berkomunikasi

· Melalui ungkapan kreatif

· Melalui berbagai media

Tujuan akhir dari ketiga konsep utama itu adalah justru berkomunikasi. Kedua konsep berikutnya merupakan pendukung terjadinya komunikasi atau tersampaikannya pesan. Jadi, jelaslah DKV justru berlaku sebaliknya, tidak boleh bersifat subjektif (harus memenuhi kebutuhan pasar).

Desain Komunikasi Visual adalah suatu disiplin ilmu yang bertujuan mempelajari konsep-konsep komunikasi serta ungkapan kreatif melalui berbagai media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan mengelola elemen-elemen grafis yang berupa bentuk dan gambar, tatanan huruf, serta komposisi warna serta layout (tata letak atau perwajahan).

Dari penjelasan di atas dapat diambil point-point :

· Konsep komunikasi

· Melalui ungkapan reatif

· Melalui berbagai media

· Menyampaikan pesan atau gagasan secara visual dari seseorang atau suatu kelompok kepada kelompok yang lain

· Menggunakan elemen-elemen grafis berupa bentuk dan gambar, susuna huruf, warna, serta tata letak dan perwajahan

Macam-macam Komunikasi :

· KOMUNIKASI VERBAL ATAU LISAN

Pada jenis ini digunakan pengucapan maupun bunyi-bunyian serta telinga pendengaran sebagai sensasi dengar.

BAHASA LISAN

Contoh bahasa daerah, bahasa Indonesia, bahasa gaul, dll.

AUDITORY/VOICE

Komunikasi menyangkut bunyi-bunyian atau suara dll.

Contoh dalam musik kita mengenal music dukacita yang membawakan pesan suasana duka.

· KOMUNIKASI NONVERBAL YANG MERUJUK PADA TULISAN

Contoh surat, majalah, surat kabar, dll (komunikasi yang disampaikan secara visual lewat tulisan). Komunikasi nonverbal merupakan bagian dari komunikasi visual.

· KOMUNIKASI TACTUAL

Komunikasi tactual mempergunakan kulit sebagai sensasi rabaan.

Contoh huruf braile bagi kaum tuna netra, brosur atau sampel yang memberikan contoh tekstur kertas, secara tekstil maupun keramik.

· KOMUNIKASI OLFACTORAL ATAU GUSTATORY

Komunikasi ini mempergunakan hidung sebagai sensasi penciuman.

Aroma terapi merupakan suatu konsep yang belakangan ini sedang terjadi. Melalui sensasi penciuman, manusia bias merasa lebih rileks. Sakit kepala maupun stress pun bias disembuhkan dengan memanfaatkan aroma wangi-wangian tersebut.

· KOMUNIKASI PENGECAP (TASTE FROM TONGUE)

Komunikasi ini menggunakan lidah sebagai sensasi pengenal rasa.

· KOMUNIKASI TUBUH

Sejak jaman dahulu kala manusia sudah menggunakan bahasa tubuh untuk mengekspresikan suatu maksud. Dalam pengembangannya, kita dapat mengelompokkan hal itu ke dalam beberapa kelompok yaitu :

Kinesika, gerakan tubuh dalam komunikasi nonverbal yang merujuk pada sikap tubuh dan gerakan tubuh lainnya.

Bahasa Tubuh, biasanya digunakan seseorang yang gelisah akan menunjukkan gerakan-gerakan tubuh yang memperlihatkan gejala kegelisahannya. Demikian juga seorang perempuan yang mencoba menarik perhatian seorang pria akan menunjukkan gerakan-gerakan bahasa tubuh yang memberikan isyarat tertentu.

Disiplin Ilmu Kepribadian,

Olah Tubuh dalam suatu peran, teknik peran dalam teater, pantomime, teknik tarian dll mengomunikasikan suatu cerita maupun pesan melalui olah tubuh.

· KOMUNIKASI TELEPATI

Komunikasi jenis ini menggunakan kekuatan pikiran untuk mempengaruhi pikiran atau sugesti seseorang.

· KOMUNIKASI PERILAKU

Perilaku atau kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang merupakan sebuah informasi penting mengenai orang itu.

Contoh, jam berapa biasanya di bermain sepak bola, bagaimana model pakaian yang disukainya,dll.

· KOMUNIKASI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

Teknologi yang terus berkembang membantu kita dalam berkomunikasi contohnya :

- Morse

- Radio

- Fax

- Televise

- Bahasa pemrogaman

· KOMUNIKASI VISUAL

Komunikasi ini menggunakan alat penglihatan, komunikasi visual adalah komunikasi menggunakan bahasa visual, dimana unsur dasar bahasa visual.

Contohnya visual language, visualiser, visual effect, visual information, visual literacy

· PESAN MULTIINDRA

Adalah suatu pesan yang memanfaatkan lebih dari satu indra. Akhir-akhir ini, penyampaian pesan melalui visual saja hamper dikatakan kuno. Sesuatu yang lebih baru dan memiliki nilai tinggi adalah menjual dan memberikan suasana.

Suasana disini yang dimaksud adalah menyangkut multiindra. Suasana tersebut bisa berupa unsure visual, seperti dekorasi, tata ruang, penampilan pramusaji, dll.

Berbicara mengenai komunikasi memang sangat bervariasi. Alangkah kerennya kalau anda yang berkecimpung di dunia desain bisa mengerti semua tentang bahasa-bahasa komunikasi.

Cabang-cabang dari ilmu Desain Komunikasi Visual banyak sekali, yaitu sebagai berikut :

1. Ilustrasi

2. Fotografi

3. Tipografi

4. 3 dimensi

5. Multimedia

6. AVI/Elektronik Media

7. Computer Graphic

8. Animasi

9. Periklanan

10. Percetakan

11. Desain identitas

12. Dan masih banyak lagi cabang-cabangnya

Beberapa poin-poin di atas merupakan cabang dari Desain Komunikasi Visual, yah… memang masih banyak lagi cabangnya. Mungkin data-data di atas dirasa sangat kurang sekali bagi tmen2..maka dari itu penulis mengingatkan apabila tmen2 punya informasi yang sangat menarik mengenai dunia desain tidak ada salahnya di share ja ke email saya designer.yart@gmail.com.

Trimksih..








Seni Puisi Jilid 2





Kumpulan puisi Khalil Gibran
Selamat menikmati yaaa........


Di Hatiku

untaian kata mesra
dan seribu puisi cinta yang kupunya
tak mampu menyaingi indah wajahmu

kau adalah keindahan
yang menghiasi duniaku

memandangmu...
aku berharap waktu berhenti

menyentuhmu...
seperti menyentuh sesuatu yang rapuh tapi sangat berharga

kau adalah jejak
yang iringi langkahku

kau adalah detak
yang iringi jantungku

kau adalah air mata
yang iringi tangisku

kau ada
di hatiku


Indah Sore Itu

indah sore itu
bukan pada matahari senja
yang berwarna jingga

indah sore itu
bukan pada biru samudera
di batas cakrawala

indah sore itu
adalah hitam rambutmu
yang buat aku terpana

indah sore itu
adalah biru matamu
yang memancarkan pesona

indah sore itu
adalah kamu, cinta...!


Aku Tak Pernah Berpaling

ketika musim memajang rindunya pada hujan
ada sebongkah cemas yang tak bisa kuucapkan
aku hanya ingin memelukmu dari senja hingga subuh tiba

setapak demi setapak
kudaki jalan terjal kerisauan
saat tiba di persimpangan
ingin kutanggalkan segala ragu dan rasa bosan

ooo,
betapa kebimbangan telah berubah menjadi labirin
menjadi lingkaran tanpa celah

tapi catatlah olehmu, tentang satu kepastianku
'aku tak pernah berpaling darimu'


Sebuah Keabadian

hati hanya bisa mencintai sekejap

kaki hanya bisa melangkah sejauh lelah

tatapan tak selamanya indah di mata

tapi memiliki kasih sayang darimu

adalah keabadian

tak ternilai (by Iman_Chank)


Ketulusan Hati

sesuatu yang tak bisa diucapkan
jangan dipaksa untuk diucapkan

sesuatu yang tak bisa diucapkan
sebaiknya dimengerti saja

karena masih banyak makna yang bisa kita rangkai
lewat sebuah ketulusan hati

maka berdirilah disampingku
dan terangi setiap jalanku

seperti Adam menerangi Hawa nya
seperti aku, yang tulus mencintaimu (diambil dari buku katakan cinta)


Mawar di Bibirmu

ketika kesunyian bolong
oleh nyanyian sumbang burung malam

aku hempaskan setumpuk penat dan kegelisahan
pada gambar wajahmu yang ayu

dan ketika senyum di bibirmu
mekar
seindah rangkaian bunga-bunga mawar

maka kerinduan ini
telah lunas terbayar


Teduh di Matamu

ada rintik hujan yang jatuh di tanah pasir
ada butir embun yang turun di rerumputan

adalah dirimu yang buatku tahu
bahwa cinta itu,
ada...!

mendekapku dalam keindahan yang abadi
seperti darah dan merahnya
seperti malam dan gelapnya

seperti teduh
yang kulihat di matamu
(source
gen22.blogspot.com)

hayooo gmn puisinya...
romantis tis tis kan..
eits sya ingetin klo tmen2 da yang punya koleksi puisi lain tolong di share ya langsung ke email sya di designer.yart@gmail.com




Senin, 24 Januari 2011

Seni Puisi


Bagi kaula-kaula muda yang sedang dimabuk asmara, alangkah tidak ada salahnya kalian membaca kumpulan puisi yang sudah saya publish di blog ini, ini merupakan puisi-puisi karya dari Khalil Gibran.
Oya kalo tmen2 puny puisi lainnya mohon di share ja ke email saya designer.yart@gmail.com
okeeeeyyy

SILAKAN MENIKMATI YAAA....

NYANYIAN SUKMA


Di dasar relung jiwaku Bergema nyanyian tanpa kata;

sebuah lagu yang bernafas di dalam benih hatiku,

Yang tiada dicairkan oleh tinta di atas lembar kulit ;

ia meneguk rasa kasihku dalam jubah yg nipis kainnya,

dan mengalirkan sayang, Namun bukan menyentuh bibirku.

Betapa dapat aku mendesahkannya?

Aku bimbang dia mungkin berbaur dengan kerajaan fana

Kepada siapa aku akan menyanyikannya?

Dia tersimpan dalam relung sukmaku

Kerna aku risau, dia akan terhempas

Di telinga pendengaran yang keras.

Pabila kutatap penglihatan batinku

Nampak di dalamnya bayangan dari bayangannya,

Dan pabila kusentuh hujung jemariku

Terasa getaran kehadirannya.

Perilaku tanganku saksi bisu kehadirannya,

Bagai danau tenang yang memantulkan cahaya bintang-bintang bergemerlapan.

Air mataku menandai sendu

Bagai titik-titik embun syahdu

Yang membongkarkan rahsia mawar layu.

Lagu itu digubah oleh renungan,

Dan dikumandangkan oleh kesunyian,

Dan disingkiri oleh kebisingan,Dan dilipat oleh kebenaran,

Dan diulang-ulang oleh mimpi dan bayangan,

Dan difahami oleh cinta,

Dan disembunyikan oleh kesedaran siang

Dan dinyanyikan oleh sukma malam.

Lagu itu lagu kasih-sayang,

Gerangan ‘Cain’ atau ‘Esau’ manakah Yang mampu membawakannya berkumandang?

Nyanyian itu lebih semerbak wangi daripada melati:

Suara manakah yang dapat menangkapnya?

Kidung itu tersembunyi bagai rahsia perawan suci,

Getar nada mana yang mampu menggoyahnya?

Siapa berani menyatukan debur ombak samudra dengan kicau bening burung malam?

Siapa yang berani membandingkan deru alam, Dengan desah bayi yang nyenyak di buaian?

Siapa berani memecah sunyi

Dan lantang menuturkan bisikan sanubari

Yang hanya terungkap oleh hati?

Insan mana yang berani melagukan kidung suci Tuhan?

(Dari Kahlil Gibran - ‘Dam’ah Wa Ibtisamah’ -Setitis Air Mata Seulas Senyuman)



Cinta yang Agung


Adalah ketika kamu menitikkan air mata

dan masih peduli terhadapnya..

Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih

menunggunya dengan setia..

Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain

dan kamu masih bisa tersenyum sembari berkata ‘Aku

turut berbahagia untukmu’


Apabila cinta tidak berhasil…bebaskan dirimu…

Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya

dan terbang ke alam bebas lagi ..

Ingatlah…bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan

kehilangannya..

tapi..ketika cinta itu mati..kamu tidak perlu mati

bersamanya…


Orang terkuat bukan mereka yang selalu menang..

melainkan mereka yang tetap tegar ketika

mereka jatuh (Khalil Gibran)


Aku Bicara Perihal Cinta


Apabila cinta memberi isyarat kepadamu, ikutilah dia,

Walau jalannya sukar dan curam.

Dan pabila sayapnva memelukmu menyerahlah kepadanya.

Walau pedang tersembunyi di antara ujung-ujung sayapnya bisa melukaimu.

Dan kalau dia bicara padamu percayalah padanya.

Walau suaranya bisa membuyarkan mimpi-mimpimu bagai angin utara mengobrak-abrik taman.

Karena sebagaimana cinta memahkotai engkau, demikian pula dia

kan menyalibmu.


Sebagaimana dia ada untuk pertumbuhanmu,

demikian pula dia ada untuk pemangkasanmu.


Sebagaimana dia mendaki kepuncakmu dan membelai mesra ranting-rantingmu nan paling lembut yang bergetar dalam cahaya matahari.

Demikian pula dia akan menghunjam ke akarmu dan mengguncang-guncangnya di dalam cengkeraman mereka kepada kami.

Laksana ikatan-ikatan dia menghimpun engkau pada dirinya sendiri.


Dia menebah engkau hingga engkau telanjang.

Dia mengetam engkau demi membebaskan engkau dari kulit arimu.

Dia menggosok-gosokkan engkau sampai putih bersih.

Dia merembas engkau hingga kau menjadi liar;

Dan kemudian dia mengangkat engkau ke api sucinya.


Sehingga engkau bisa menjadi roti suci untuk pesta kudus Tuhan.


Semua ini akan ditunaikan padamu oleh Sang Cinta,

supaya bisa kaupahami rahasia hatimu,

dan di dalam pemahaman dia menjadi sekeping hati Kehidupan.


Namun pabila dalam ketakutanmu kau hanya akan mencari kedamaian dan kenikmatan cinta.

Maka lebih baiklah bagimu kalau kaututupi ketelanjanganmu dan menyingkir dari lantai-penebah cinta.


Memasuki dunia tanpa musim tempat kaudapat tertawa,

tapi tak seluruh gelak tawamu,

dan menangis,

tapi tak sehabis semua airmatamu.


Cinta tak memberikan apa-apa kecuali dirinya sendiri dan tiada mengambil apa pun kecuali dari dirinya sendiri.

Cinta tiada memiliki,

pun tiada ingin dimiliki;

Karena cinta telah cukup bagi cinta.


Pabila kau mencintai kau takkan berkata,

“Tuhan ada di dalam hatiku,”

tapi sebaliknya, “Aku berada di dalam hati Tuhan”.


Dan jangan mengira kaudapat mengarahkan jalannya Cinta,

sebab cinta,

pabila dia menilaimu memang pantas,

mengarahkan jalanmu.


Cinta tak menginginkan yang lain kecuali memenuhi dirinya.

Namun pabila kau mencintai dan terpaksa memiliki berbagai keinginan,

biarlah ini menjadi aneka keinginanmu:

Meluluhkan diri dan mengalir bagaikan kali,

yang menyanyikan melodinya bagai sang malam.


Mengenali penderitaan dari kelembutan yang begitu jauh.

Merasa dilukai akibat pemahamanmu sendiri tenung cinta;

Dan meneteskan darah dengan ikhlas dan gembira.

Terjaga di kala fajar dengan hati seringan awan dan mensyukuri hari haru penuh cahaya kasih;

Istirah di kala siang dan merenungkan kegembiraan cinta yang meluap-luap;

Kembali ke rumah di kala senja dengan rasa syukur;

Dan lalu tertidur dengan doa bagi kekasih di dalam hatimu dan sebuah gita puji pada bibirmu. (Khalil Gibran)



CINTA (I)

Lalu berkatalah Almitra, Bicaralah pada kami perihal Cinta. Dan dia mengangkatkan kepalanya dan memandang ke arah kumpulan manusia itu, dan keheningan menguasai mereka. Dan dengan suara lantang dia berkata:

Pabila cinta memberi isyarat kepadamu, ikutilah dia, Walau jalannya sukar dan curam. Dan pabila sayapnya memelukmu menyerahlah kepadanya. Walau pedang tersembunyi di antara hujung-hujung sayapnya bisa melukaimu. Dan kalau dia berbicara padamu percayalah padanya. Walau suaranya bisa menggetar mimpi-mimpimu bagai angin utara membinasakan taman. Kerana sebagaimana cinta memahkotai engkau, demikian pula dia akan menghukummu.

Sebagaimana dia ada untuk menyuburkanmu, demikian pula dia ada untuk mencantasmu. Sebagaimana dia mendaki ke puncakmu dan membelai mesra ranting-ranting lembutmu yang bergetar dalam cahaya matahari. Demikian pula dia akan menghunjam ke akarmu dan menggegarkannya di dalam pautanmu pada bumi. Laksana selonggok jagung dia menghimpun engkau pada dirinya. Dia menghempuk engkau hingga kau telanjang Dia mengasing-asingkan kau demi membebaskan engkau dari kulitmu. Dia menggosok-gosok engkau sampai putih bersih. Dia meramas engkau hingga kau menjadi lembut; Dan kemudian dia mengangkat engkau ke api sucinya sehingga engkau bisa menjadi hidangan suci untuk pesta kudus Tuhan. Semua ini akan ditunaikan padamu oleh Sang Cinta, supaya bisa kau fahami rahsia hatimu, dan di dalam pemahaman dia menjadi sekeping hati Kehidupan. Namun pabila dalam ketakutanmu kau hanya akan mencari kedamaian dan kenikmatan cinta. Maka lebih baiklah bagimu untuk menutupi tubuhmu dan melangkah keluar dari lantai-penebah cinta. Memasuki dunia tanpa musim tempat kau dapat tertawa, tapi tak seluruh gelak tawamu, dan menangis, tapi tak sehabis semua airmatamu.

Cinta tak memberikan apa-apa kecuali dirinya sendiri dan tiada mengambil apa-apa pun kecuali dari dirinya sendiri. Cinta tiada memiliki, pun tiada ingin dimiliki; Kerana cinta telah cukup bagi cinta. Pabila kau mencintai kau takkan berkata, "Tuhan ada di dalam hatiku," tapi sebaliknya, "Aku berada di dalam hati Tuhan." Dan jangan mengira kaudapat mengarahkan jalannya Cinta, sebab cinta, pabila dia menilaimu memang pantas, mengarahkan jalanmu.

Cinta tak menginginkan yang lain kecuali memenuhi dirinya. Namun pabila kau mencintai dan memerlukan keghairahan, biarlah ini menjadi keghairahanmu: Luluhkan dirimu dan mengalirlah bagaikan anak sungai, yang menyanyikan alunannnya bagai sang malam. Kenalilah penderitaan dari kelembutan yang begitu jauh. Rasa dilukai akibat pemahamanmu sendiri tentang cinta; Dan menitiskan darah dengan ikhlas dan gembira. Terjaga di kala fajar dengan hati berawangan dan mensyukuri hari baru penuh cahaya kasih; Istirah di kala siang dan merenungkan kegembiraan cinta yang meluap-luap; Kembali ke rumah di kala senja dengan rasa syukur; Dan kemudian tidur bersama doa bagi kekasih di dalam hatimu dan sekuntum nyanyian puji-pujian pada bibirmu. (Khalil Gibran)



CINTA (II)


Mereka berkata tentang serigala dan tikus

Minum di sungai yang sama

Di mana singa melepas dahaga

Mereka berkata tentang helang dan hering

Menjunam paruhnya ke dalam bangkai yg sama

Dan berdamai - di antara satu sama lain,

Dalam kehadiran bangkai - bangkai mati itu

Oh Cinta, yang tangan lembutnya mengekang keinginanku

Meluapkan rasa lapar dan dahaga akan maruah dan kebanggaan,

Jangan biarkan nafsu kuat terus menggangguku

Memakan roti dan meminum anggur

Menggoda diriku yang lemah ini Biarkan rasa lapar menggigitku,

Biarkan rasa haus membakarku, Biarkan aku mati dan binasa,

Sebelum kuangkat tanganku Untuk cangkir yang tidak kau isi,

Dan mangkuk yang tidak kau berkati (Kahlil Gibran)



CINTA (III)

Kemarin aku berdiri berdekatan pintu gerbang sebuah rumah ibadat dan bertanya kepada manusia yang lalu-lalang di situ tentang misteri dan kesucian cinta.

Seorang lelaki setengah baya menghampiri, tubuhnya rapuh wajahnya gelap. Sambil mengeluh dia berkata,"Cinta telah membuat suatu kekuatan menjadi lemah, aku mewarisinya dari Manusia Pertama."

Seorang pemuda dengan tubuh kuat dan besar menghampiri. Dengan suara bagai menyanyi dia berkata, "Cinta adalah sebuah ketetapan hati yang ditumbuhkan dariku, yang rnenghubungkan masa sekarang dengan generasi masa lalu dan generasi yang akan datang."

Seorang wanita dengan wajah melankolis menghampiri dan sambil mendesah, dia berkata,"Cinta adalah racun pembunuh, ular hitam berbisa yang menderita di neraka, terbang melayang dan berputar-putar menembusi langit sampai ia jatuh tertutup embun, ia hanya akan diminum oleh roh-roh yang haus. Kemudian mereka akan mabuk untuk beberapa saat, diam selama satu tahun dan mati untuk selamanya."

Seorang gadis dengan pipi kemerahan menghampiri dan dengan tersenyum dia berkata,"Cinta itu laksana air pancuran yang digunakan roh pengantin sebagai siraman ke dalam roh orang-orang yg kuat, membuat mereka bangkit dalam doa di antara bintang-bintang di malam hari dan senandung pujian di depan matahari di siang hari."

Setelah itu seorang lelaki menghampiri. Bajunya hitam, janggutnya panjang dengan dahi berkerut, dia berkata,"Cinta adalah ketidakpedulian yang buta. la bermula dari hujung masa muda dan berakhir pada pangkal masa muda."

Seorang lelaki tampan dengan wajah bersinar dan dengan bahagia berkata,"Cinta adalah pengetahuan syurgawi yang menyalakan mata kita. Ia menunjukkan segala sesuatu kepada kita seperti para dewa melihatnya."

Seorang bermata buta menghampiri, sambil mengetuk-ngetukkan tongkatnya ke tanah dan dia kemudian berkata sambil menangis, "Cinta adalah kabus tebal yang menyelubungi gambaran sesuatu darinya atau yang membuatnya hanya melihat hantu dari nafsunya yang berkelana di antara batu karang, tuli terhadap suara-suara dari tangisnya sendiri yang bergema di lembahlembah."

Seorang pemuda, dengan membawa sebuah gitar menghampiri dan menyanyi, "Cinta adalah cahaya ghaib yang bersinar dari kedalaman kehidupan yang peka dan mencerahkan segala yang ada di sekitarnya. Engkau bisa melihat dunia bagai sebuah perarakan yang berjalan melewati padang rumput hijau. Kehidupan adalah bagai sebuah mimpi indah yang diangkat dari kesedaran dan kesedaran."

Seorang lelaki dengan badan bongkok dan kakinya bengkok bagai potonganpotongan kain menghampiri. Dengan suara bergetar, dia berkata, "Cinta adalah istirahat panjang bagi raga di dalam kesunyian makam, kedamaian bagi jiwa dalam kedalaman keabadian."

Seorang anak kecil berumur lima tahun menghampiri dan sambil tertawa dia berkata,"Cinta adalah ayahku, cinta adalah ibuku. Hanya ayah dan ibuku yang mengerti tentang cinta." Waktu terus berjalan. Manusia terus-menerus melewati rumah ibadat.

Bagaimana puisi-puisinya.
keren kan...
oya tk ingetin lgi kalo tmen2 ada yg punya puisi lg mohon di share ja ke email saya designer.yart@gmail.com.
trimaksih.
komennya tk tunggu lo...




Jumat, 21 Januari 2011

Aliran Seni Rupa





Seni Rupa mempunyai banyak aliran di dalamnya, beberapa aliran seni rupa itu antara lain adalah :

1. Naturalisme
Naturalisme merupakan corak atau aliran dalam seni rupa yang berusaha melukiskan sesuatu obyek sesuai dengan alam (nature). Obyek yang digambarkan diungkapkan seperti mata melihat. Untuk memberikan kesan mirip diusahakan bentuk yang persis, ini artinya proporsi, keseimbangan, perspektf, pewarnaan dan lainnya diusahakan setepat mungkin sesuai mata kita melihat.
Tokoh-tokoh Naturalisme : Rembrant, Williamn Hogart dan Frans Hall di Indonesia yang menganut corak ini : Raden Saleh, Abdullah Sudrio Subroto, Basuki Abdullah, Gambir Anom dan Trubus.

2. Realisme
Realisme adalah corak seni rupa yang menggambarkan kenyataan yang benar-benar ada, artinya yang ditekankan bukanlah obyek tetapi suasana dari kenyataan tersebut.
Tokoh-tokoh realisme ialah : Gustove Corbert, Fransisco de Goya dan Honore Daumier.

3. Romantisme
Romantisme merupakan corak dalam seni rupa yang berusaha menampilkan hal-hal yang fantastic, irrasional, indah dan absurd. Aliran ini melukiskan cerita-cerita romantis tentang tragedy yang dahsyat, kejadian dramatis yang biasa ditampilkan dalam cerita romah. Penggambaran obyeknya lebih sedikit dari kenyataan, warna yang lebih meriah, gerakan yang lebih lincah, pria yang lebih gagah, wanita yang lebih

4. Impressionisme
Impressionisme merupakan corak seni rupa yang lahir pada tahun 1874. Aliran ini mengutamakan kesan selintas dari suatu obyek yang dilukiskan. Kesan itu didapat dari bantuan sinar matahari yang merefleksi ke mata mereka. Mereka melukiskan dengan cepat karena perputaran matahari dari timur ke barat. Karena itulah dalam lukisan impressionisme obyek yang dihasilkan agak kabur dan tidak mendetail.
Tokoh aliran ini : Claude Monet, Aguste Renoir, Casmile Pissaro, SIsley, Edward Degas dan Mary Cassat.
Di Indonesia penganut aliran ini : Kusnadi, Solichin dan Afandi (sebelum Ekspresionisme).

5. Ekspresionisme
Ekspresionisme adalah aliran yang mengutamakan curahan batin secara bebas. Bebas dalam menggali obyek yang timbul dari dunia batin ! Imajinasi dan perasaan. Obyek-obyek yang dilukiskan antara lain kengerian, kekerasan, kemiskinan, kesedihan dan keinginan lain dibalik tingkah laku manusia.
Pelopor ekspresionisme : Vincent Van Gogh, Paul Gaugiuin, Ernast Ludwig, Karl Schmidt, Emile Nolde, JJ. Kandinsky dan Paul Klee. Di Indonesia penganut ini adalah : Affandi, Zaini dan Popo Iskandar.
Contoh Lukisan bercorak Naturalisme, Contoh Lukisan bercorak Impresionisme, karya Basoeki Abdullah karya George Sevoat.

6. Kubisme
Kubisme lahir pada saat pameran retpektif Cezanne yakni pada tahun 1907. Corak ini menggambarkan alam menjadi bentuk-bentuk geometris seperti segitiga, segi empat, lingkaran, silinder, bola, kerucut, kubus dan kotak-kotak. Disini sei bukanlah peniruan alam melainkan penempatan bentuk-bentuk geometris dari seniman kepada alam. Pelopor Kubisme : Gezanne, Pablo Picasso, Metzinger, Braque, Albert Glazes.
Fernand Leger, Robert Delaunay, Francis Picabia dan Juan Gris.

7. Fuvisme
Fuvisme merupakan nama yang dijuluki kepada sekelompok pelukis muda yang muncul pada abad ke 20. Ciri khas seni lukisannya ialah warna-warna yang liar. Des fauves dalam bahasa Perancis artinya binatang liar. Karena keliaran dari warna-warna itulah oleh kritikus Perancis Louis Vauxelles dilontarkan dengan nama Fauvisme.
Tokoh-tokoh aliran ini : Henry Matisse, Andre Dirrain, Maurice de Vlamink, Rauol Dufi dan Kess Van Dongen.

8. Dadaisme
Dadaisme lahir karena berkecamuknya Perang Dunia I. Sifatnya dikatakan anti seni, anti perasaan dan cenderung merefleksi kekasaran dan kekerasan. Karyanya aneh seperti misalnya mengkopy lukisan Monalisa lalu diberi kumis, tempat kencing diberi judul dan dipamerkan. Dilakukan juga metode kolase seperti misalnya kayu dan rongsokan barang-barang bekas.
Tokoh-tokoh aliran ini : Juan Gross, Max Ernst, Hans Arp, Marcel Duchamp dan Picabia.

9. Futurisme
Futurisme ialah sebuah aliran seni lukis yang lahir pada tahun 1909. Aliran ini mengatakan keindahan gerak dan dipandang sebagai pendobrak aliran Kubisme yang dianggap statis dalam komposisi, garis dan pewarnaan. Futurisme mengabdikan diri pada gerak sehingga pada lukisan anjing digambarkan berkaki lebih dari empat.
Tokoh aliran ini : Umberto, Boccioni, Carlo Cara, Severini, Gioccomo Ballad an Ruigi Russalo.

10. Surrealisme
Surrealisme pada awalnya merupakan gerakan dalam sastra yang diketemukan oleh Apollinaire utuk menyebut dramaya. Pada tahun 1024 dpakai oleh Andre Bizton untuk menyebutkan corak dalam seni lukis. Dalam kreativitasya corak surrealis berusaha membebaskan diri dari control kesadaran, menghendaki kebebasan yang selanjutnya ada kecenderungan menuju kepada realistis namun masih dalam hubungan-hubungannya yang aneh.
Pelopor Surrealisme : Joan Miro, Salvador Dali darl Andre Masson. Di Indonesia bisa disebut : Sudibio; Sudiardjo dan Amang Rahman.
11. Abstraksionisme
Seni abstrak dalam seni lukis ialah seni yang berusaha mengambil obyek yang berasal dari dunia batin. Obyek itu bisa fantasi, imajinasi dan mungkin juga intuisi para seniman. Karena timbul dari dalam batin. Dalam seni abstrak terbagi dua katagori besar yaitu :
a. Abstrak Ekspresionisme
D Amerika abstrak ini terdapat dua kecenderungan yaitu :
- Color Field Painting, yaitu lukisan yang menampilkan bidang-bidang lebar dan warna yang cerah.
Pelopornya : Mark Rothko, Clyfford Stll, Adolf Got lieb, Robert Montherwell dan Bornet Newman.
- Action Painting, yaitu lukisan yang tidak mementingkan bentuk yang penting adalah aksi atau cara dalam melukiskannya. Tokohnya adalah : Jackson Polack, Willem de Koning, Frans Kliner dan; adik Twarkov.
Di Perancis abstrak ekspresionesme diikuti oleh : H. Hartum Gerard Schneider, G. Mathiew dan Piere Souloges. Kemudian yang diberi nama Technisme dipelopori : Wols Aechinsky dan Asger Yorn.
b. Abstrak Geometris
Abstrak Geometris disebut juga seni non obyektif. Dipelopori oleh Kandinsky. Setelah itu bermunculan abstrak geometris yang lain dengan nama berbeda antara lain :
? Suprematisme, yaitu lukisan yang menampilkan abstraksi bentuk-bentuk geometris mumi dengan tokohnya adalah kasimir Malevich.
Konsiruktivisme, sebuah corak seni rupa 3 dimensi yang berusaha menampilkan bentuk-bentuk abstrak dengan menggunakan bahan-bahan modem seperti kawat, besi, kayu dan plastik.
Tokohnya : Vladimir Tatlin, Antonic Pevner, Naum Gabo dan A. Rodehenko. Alexander Calder karena patungnya dapat bergerak disebut Mobilisme di Amerika patung yang dapat bergerak disebut Kinetic Sculpture. Minimal Art juga termasuk dalam kelompok konstruktivisme. Seni ini lahir karena situasi tehnologi industri yang tinggi dan karyanya cenderung kea rah aristektual.
? Neo Plastisisme (De Stijil), yaitu corak seni abstrak yang menampilkan keuniversalan ilmu pasti. Aliran ini berusaha mengembalikan pewarna kepada warna pokok dan bentuk yang siku-siku Tokohnya ialah Piet Mondarian, Theo Van Daesburg dan Bart Van Leck.
? Op Art (Optical Art), disebut juga Retinal Art yaitu corak seni lukis yang penggambarannya merupakan susunan geometris dengan pengulangan yang teratur rapi, bisa seperti papan catur. Karya ini menarik perhatian karena warnanya yang cemerlang dan seakan mengecohkan mata dengan ilusi ruang. Tokoh corak ini : Victor Vaserelly, Bridget Riley, Yacov Gipstein dan Todasuke Kawayama.

12. Pop Art (Popular Art)
Seni Pop atau Pop Art mula-mula berkemang di Amerika pada tahun 1956. nama aslinya adalah Popular Images. Seni ini muncul karena kejenuhan dengan seni tanpa obyek dan mengingatkan kita akan keadaaan sekeliling yang telah lama kita lupakan. Dalam mengambil obyek tidak memilih-milih, apa yang mereka jumpai dijadikan obyek.
Bahkan bisa saja mereka mengambil sepasang sandal disandarkan diatas rongsokan meja kemudian diatur sedemikian rupa dan akhirnya dipamerkan.
Kesan umum dari karya-karya Pop art menampilkan suasana sindiran, karikaturis, humor dan apa adanya.
Tokoh-tokohnya antara lain : Tom Wasselman, George Segal, Yoseph Benys, Claes Oldenburg dan Cristo.
Di Indonesia yang menganut aliran ini adalah seniman-seniman yang memproklamirkan diri :Kaum Seni Rupa Baru Indonesia”.

13. Seni Instalasi
Berarti sejumlah kanfas atau obyek ide instalasi dimulai dari barang-barang yang ditemukan di mana-mana dan kemudian di kembangkan, direkayasa di work shop, di improvisasi dengan ruang, atau merupakan input respons terhadap ruang ataupun yang mengelilinginya, susunan dalam sebuah fungsi dirakit dengan obyek-obyek lain jadilah sebuah sistem itulah instalasi.