Skip to main content

Desain Komunikasi Visual (Desain Grafis)


Telah lama kita ketahui, Ilmu Desain Grafis telah berkembang menjadi Desain Komunikasi Visual. Jika desain grafis hanya berorientasi pada grafis dua matra, maka jangkauan Desain Komunikasi Visual telah berkembang meliputi beberapa jaringan.

Pada hari-hari kemarin penulis sempat membaca buku mengenai Ilmu Pengantar Desain Komunikasi Visual oleh Adi Kusrianto, alangkah bergunanya jika ilmu yang penulis dapat dari membaca buku tersebut dishare lewat blog saya ini kepada temen2 yang menyukai ilmu desain komunikasi visual, akan tetapi penulis hanya menampilkan poin-point pentingnya saja, bacaannya kurang lebih sebagai berikut :

Akan sangat berguna bagi Anda yang tertarik pada pembelajaran Desain Komunikasi Visual untuk memahami hal-hal pokok yang berkaitan dengan disiplin ilmu ini.

Secara akar, Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu cabang Seni Rupa dan Seni Grafis. Namun ada perbedaan yang cukup jelas antara Seni Murni dengan Desain Komunikasi Visual. Konsep umum Seni Rupa murni adalah suatu ekspresi seni dari seorang perupa (secara subjektif) yang disalurkan kepada penikmat karyanya melalui kesamaan pandang maupun cita rasa, sedangkan Desain Komunikasi Visual adalah bidang studi yang mendasarkan pada tiga konsep utama (main conceptual), yaitu :

· Konsep berkomunikasi

· Melalui ungkapan kreatif

· Melalui berbagai media

Tujuan akhir dari ketiga konsep utama itu adalah justru berkomunikasi. Kedua konsep berikutnya merupakan pendukung terjadinya komunikasi atau tersampaikannya pesan. Jadi, jelaslah DKV justru berlaku sebaliknya, tidak boleh bersifat subjektif (harus memenuhi kebutuhan pasar).

Desain Komunikasi Visual adalah suatu disiplin ilmu yang bertujuan mempelajari konsep-konsep komunikasi serta ungkapan kreatif melalui berbagai media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan mengelola elemen-elemen grafis yang berupa bentuk dan gambar, tatanan huruf, serta komposisi warna serta layout (tata letak atau perwajahan).

Dari penjelasan di atas dapat diambil point-point :

· Konsep komunikasi

· Melalui ungkapan reatif

· Melalui berbagai media

· Menyampaikan pesan atau gagasan secara visual dari seseorang atau suatu kelompok kepada kelompok yang lain

· Menggunakan elemen-elemen grafis berupa bentuk dan gambar, susuna huruf, warna, serta tata letak dan perwajahan

Macam-macam Komunikasi :

· KOMUNIKASI VERBAL ATAU LISAN

Pada jenis ini digunakan pengucapan maupun bunyi-bunyian serta telinga pendengaran sebagai sensasi dengar.

BAHASA LISAN

Contoh bahasa daerah, bahasa Indonesia, bahasa gaul, dll.

AUDITORY/VOICE

Komunikasi menyangkut bunyi-bunyian atau suara dll.

Contoh dalam musik kita mengenal music dukacita yang membawakan pesan suasana duka.

· KOMUNIKASI NONVERBAL YANG MERUJUK PADA TULISAN

Contoh surat, majalah, surat kabar, dll (komunikasi yang disampaikan secara visual lewat tulisan). Komunikasi nonverbal merupakan bagian dari komunikasi visual.

· KOMUNIKASI TACTUAL

Komunikasi tactual mempergunakan kulit sebagai sensasi rabaan.

Contoh huruf braile bagi kaum tuna netra, brosur atau sampel yang memberikan contoh tekstur kertas, secara tekstil maupun keramik.

· KOMUNIKASI OLFACTORAL ATAU GUSTATORY

Komunikasi ini mempergunakan hidung sebagai sensasi penciuman.

Aroma terapi merupakan suatu konsep yang belakangan ini sedang terjadi. Melalui sensasi penciuman, manusia bias merasa lebih rileks. Sakit kepala maupun stress pun bias disembuhkan dengan memanfaatkan aroma wangi-wangian tersebut.

· KOMUNIKASI PENGECAP (TASTE FROM TONGUE)

Komunikasi ini menggunakan lidah sebagai sensasi pengenal rasa.

· KOMUNIKASI TUBUH

Sejak jaman dahulu kala manusia sudah menggunakan bahasa tubuh untuk mengekspresikan suatu maksud. Dalam pengembangannya, kita dapat mengelompokkan hal itu ke dalam beberapa kelompok yaitu :

Kinesika, gerakan tubuh dalam komunikasi nonverbal yang merujuk pada sikap tubuh dan gerakan tubuh lainnya.

Bahasa Tubuh, biasanya digunakan seseorang yang gelisah akan menunjukkan gerakan-gerakan tubuh yang memperlihatkan gejala kegelisahannya. Demikian juga seorang perempuan yang mencoba menarik perhatian seorang pria akan menunjukkan gerakan-gerakan bahasa tubuh yang memberikan isyarat tertentu.

Disiplin Ilmu Kepribadian,

Olah Tubuh dalam suatu peran, teknik peran dalam teater, pantomime, teknik tarian dll mengomunikasikan suatu cerita maupun pesan melalui olah tubuh.

· KOMUNIKASI TELEPATI

Komunikasi jenis ini menggunakan kekuatan pikiran untuk mempengaruhi pikiran atau sugesti seseorang.

· KOMUNIKASI PERILAKU

Perilaku atau kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang merupakan sebuah informasi penting mengenai orang itu.

Contoh, jam berapa biasanya di bermain sepak bola, bagaimana model pakaian yang disukainya,dll.

· KOMUNIKASI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

Teknologi yang terus berkembang membantu kita dalam berkomunikasi contohnya :

- Morse

- Radio

- Fax

- Televise

- Bahasa pemrogaman

· KOMUNIKASI VISUAL

Komunikasi ini menggunakan alat penglihatan, komunikasi visual adalah komunikasi menggunakan bahasa visual, dimana unsur dasar bahasa visual.

Contohnya visual language, visualiser, visual effect, visual information, visual literacy

· PESAN MULTIINDRA

Adalah suatu pesan yang memanfaatkan lebih dari satu indra. Akhir-akhir ini, penyampaian pesan melalui visual saja hamper dikatakan kuno. Sesuatu yang lebih baru dan memiliki nilai tinggi adalah menjual dan memberikan suasana.

Suasana disini yang dimaksud adalah menyangkut multiindra. Suasana tersebut bisa berupa unsure visual, seperti dekorasi, tata ruang, penampilan pramusaji, dll.

Berbicara mengenai komunikasi memang sangat bervariasi. Alangkah kerennya kalau anda yang berkecimpung di dunia desain bisa mengerti semua tentang bahasa-bahasa komunikasi.

Cabang-cabang dari ilmu Desain Komunikasi Visual banyak sekali, yaitu sebagai berikut :

1. Ilustrasi

2. Fotografi

3. Tipografi

4. 3 dimensi

5. Multimedia

6. AVI/Elektronik Media

7. Computer Graphic

8. Animasi

9. Periklanan

10. Percetakan

11. Desain identitas

12. Dan masih banyak lagi cabang-cabangnya

Beberapa poin-poin di atas merupakan cabang dari Desain Komunikasi Visual, yah… memang masih banyak lagi cabangnya. Mungkin data-data di atas dirasa sangat kurang sekali bagi tmen2..maka dari itu penulis mengingatkan apabila tmen2 punya informasi yang sangat menarik mengenai dunia desain tidak ada salahnya di share ja ke email saya designer.yart@gmail.com.

Trimksih..








Comments

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGALAMAN MENCARI PEKERJAAN !!!

assalamualaikum wr wb Akhirnya kepegang lagi ni blog... setelah sekian lama gak pernah gue buka... yaah maklum dengan kesibukan (sombooongg hehe) yang selama ini kurang lebih 5 tahun dari postingan terakhir di tahun 2013 dan sekarang udah tahun 2018 (5 tahun fakuumm ). okee kali ini gue bakal nge share kesibukan - kesibukan apa aja yang gue lakuin selama 5 tahun. Tapi disini gue akan flasback sedikit dari mulai awal tahun 2011 tepatnya di bulan januari. Pada saat itu umur gue masih 22 tahun (haha masih muda banget) dan belum pernah punya pengalaman bekerja sekalipun karena waktu itu gue baru aja lulus kuliah diploma 3 (D3) di Universitas Negeri Semarang . Lulus kuliah tp belum wisuda, yaaa sebenarnya udah kelar tapi belum wisuda, jadi gue dinyatakan lulus kuliah D3 waktu itu bulan januari 2011 dan baru bisa wisuda alias resmi jadi alumni itu kalo gak salah pada bulan maret 2011.  Asliiiii gue masih cupu parah hahaha, masih kurus, belum pernah merasakan betapa kerasnya kehidu

PENGALAMAN KULIAH S1 TRANSFER (EKSTENSI)

assalamualaikum wr wb sesuai janji gue di postingan sebelumnya, gue akan membahas tentang bagaimana gue akhirnya bisa lanjut kuliah transfer S1. tahun 2011 tepatnya bulan januari gue lulus kuliah D3 di UNNES semarang. setelah itu gue mencoba melamar pekerjaan dan akhirnya diterima di salah satu perusahaan swasta perorangan yaitu CV birulautan. alhamdulillah setelah menjalani pekerjaan selama 1 tahun dan akhirnya gue memutuskan untuk keluar dan melanjutkan kuliah transfer s1. Pada waktu itu ada alternatif universitas yang ingin saya daftari yaitu antara UNDIP semarang dan UNS solo karena universitas tersebut terdapat program studi yang bisa untuk matrikulasi mata kuliah dan jurusanku. karena jurusan saya ilmu komunikasi saya melihat yang akreditasinya baik dan paling tidak nanti bisa menunjang untuk melamar pekerjaan. Akhirnya saya mendaftar di UNS Solo, mulai mendaftar sampai melalui serangkaian tes di Solo. Gue pada waktu itu mendaftar berdua sama temen gue namanya fa

GAMBARAN di "Pagi Itu"

CERITA INI HANYA FIKTIF BELAKA. APABILA ADA KESAMAAN NAMA ATAU FISIK HANYALAH KESALAHAN SAYA SEMATA. KARENA KESALAHAN MUTLAK MILIK SAYA DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH SWT . :) Nama sya Jono (disamarkan) 22 tahun masih mahasiswa dan ini cerita saya semoga bisa menjadi pelajaran bagi anda :). Tidak terpikirkan sebelumnya jika memang terlanjur begini. Yah...mau gmn lagi ? Awalnya sih memang tidak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa jika akan terjadi seperti ini. Awalnya kaloo tdk salah pada hari kamis di tahun 2011 bulannya saya lupa. Alarm hanphone sya bunyi dan jam menunjukkan setengah 5 subuh. "Kriiiiiiiiiiiingggggg......." katakanlah suara alarm handphone. Tepatnya handphone sya itu nokia 7610 (Belum pake BB dan belum punya smartphone). Sumpah ! mata berat bgt waktu itu, pengen bangun susah tapi nek gak bangun ntr malah lebih berat lagi. Akhirnya dengan kekuatan penuh sya bangun dan beranjak dari kamar tidur. Kurang lebih jam setengah 5 pagi saya bangun kemu