Rabu, 26 Januari 2011

Desain Komunikasi Visual (Desain Grafis)


Telah lama kita ketahui, Ilmu Desain Grafis telah berkembang menjadi Desain Komunikasi Visual. Jika desain grafis hanya berorientasi pada grafis dua matra, maka jangkauan Desain Komunikasi Visual telah berkembang meliputi beberapa jaringan.

Pada hari-hari kemarin penulis sempat membaca buku mengenai Ilmu Pengantar Desain Komunikasi Visual oleh Adi Kusrianto, alangkah bergunanya jika ilmu yang penulis dapat dari membaca buku tersebut dishare lewat blog saya ini kepada temen2 yang menyukai ilmu desain komunikasi visual, akan tetapi penulis hanya menampilkan poin-point pentingnya saja, bacaannya kurang lebih sebagai berikut :

Akan sangat berguna bagi Anda yang tertarik pada pembelajaran Desain Komunikasi Visual untuk memahami hal-hal pokok yang berkaitan dengan disiplin ilmu ini.

Secara akar, Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu cabang Seni Rupa dan Seni Grafis. Namun ada perbedaan yang cukup jelas antara Seni Murni dengan Desain Komunikasi Visual. Konsep umum Seni Rupa murni adalah suatu ekspresi seni dari seorang perupa (secara subjektif) yang disalurkan kepada penikmat karyanya melalui kesamaan pandang maupun cita rasa, sedangkan Desain Komunikasi Visual adalah bidang studi yang mendasarkan pada tiga konsep utama (main conceptual), yaitu :

· Konsep berkomunikasi

· Melalui ungkapan kreatif

· Melalui berbagai media

Tujuan akhir dari ketiga konsep utama itu adalah justru berkomunikasi. Kedua konsep berikutnya merupakan pendukung terjadinya komunikasi atau tersampaikannya pesan. Jadi, jelaslah DKV justru berlaku sebaliknya, tidak boleh bersifat subjektif (harus memenuhi kebutuhan pasar).

Desain Komunikasi Visual adalah suatu disiplin ilmu yang bertujuan mempelajari konsep-konsep komunikasi serta ungkapan kreatif melalui berbagai media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan mengelola elemen-elemen grafis yang berupa bentuk dan gambar, tatanan huruf, serta komposisi warna serta layout (tata letak atau perwajahan).

Dari penjelasan di atas dapat diambil point-point :

· Konsep komunikasi

· Melalui ungkapan reatif

· Melalui berbagai media

· Menyampaikan pesan atau gagasan secara visual dari seseorang atau suatu kelompok kepada kelompok yang lain

· Menggunakan elemen-elemen grafis berupa bentuk dan gambar, susuna huruf, warna, serta tata letak dan perwajahan

Macam-macam Komunikasi :

· KOMUNIKASI VERBAL ATAU LISAN

Pada jenis ini digunakan pengucapan maupun bunyi-bunyian serta telinga pendengaran sebagai sensasi dengar.

BAHASA LISAN

Contoh bahasa daerah, bahasa Indonesia, bahasa gaul, dll.

AUDITORY/VOICE

Komunikasi menyangkut bunyi-bunyian atau suara dll.

Contoh dalam musik kita mengenal music dukacita yang membawakan pesan suasana duka.

· KOMUNIKASI NONVERBAL YANG MERUJUK PADA TULISAN

Contoh surat, majalah, surat kabar, dll (komunikasi yang disampaikan secara visual lewat tulisan). Komunikasi nonverbal merupakan bagian dari komunikasi visual.

· KOMUNIKASI TACTUAL

Komunikasi tactual mempergunakan kulit sebagai sensasi rabaan.

Contoh huruf braile bagi kaum tuna netra, brosur atau sampel yang memberikan contoh tekstur kertas, secara tekstil maupun keramik.

· KOMUNIKASI OLFACTORAL ATAU GUSTATORY

Komunikasi ini mempergunakan hidung sebagai sensasi penciuman.

Aroma terapi merupakan suatu konsep yang belakangan ini sedang terjadi. Melalui sensasi penciuman, manusia bias merasa lebih rileks. Sakit kepala maupun stress pun bias disembuhkan dengan memanfaatkan aroma wangi-wangian tersebut.

· KOMUNIKASI PENGECAP (TASTE FROM TONGUE)

Komunikasi ini menggunakan lidah sebagai sensasi pengenal rasa.

· KOMUNIKASI TUBUH

Sejak jaman dahulu kala manusia sudah menggunakan bahasa tubuh untuk mengekspresikan suatu maksud. Dalam pengembangannya, kita dapat mengelompokkan hal itu ke dalam beberapa kelompok yaitu :

Kinesika, gerakan tubuh dalam komunikasi nonverbal yang merujuk pada sikap tubuh dan gerakan tubuh lainnya.

Bahasa Tubuh, biasanya digunakan seseorang yang gelisah akan menunjukkan gerakan-gerakan tubuh yang memperlihatkan gejala kegelisahannya. Demikian juga seorang perempuan yang mencoba menarik perhatian seorang pria akan menunjukkan gerakan-gerakan bahasa tubuh yang memberikan isyarat tertentu.

Disiplin Ilmu Kepribadian,

Olah Tubuh dalam suatu peran, teknik peran dalam teater, pantomime, teknik tarian dll mengomunikasikan suatu cerita maupun pesan melalui olah tubuh.

· KOMUNIKASI TELEPATI

Komunikasi jenis ini menggunakan kekuatan pikiran untuk mempengaruhi pikiran atau sugesti seseorang.

· KOMUNIKASI PERILAKU

Perilaku atau kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang merupakan sebuah informasi penting mengenai orang itu.

Contoh, jam berapa biasanya di bermain sepak bola, bagaimana model pakaian yang disukainya,dll.

· KOMUNIKASI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

Teknologi yang terus berkembang membantu kita dalam berkomunikasi contohnya :

- Morse

- Radio

- Fax

- Televise

- Bahasa pemrogaman

· KOMUNIKASI VISUAL

Komunikasi ini menggunakan alat penglihatan, komunikasi visual adalah komunikasi menggunakan bahasa visual, dimana unsur dasar bahasa visual.

Contohnya visual language, visualiser, visual effect, visual information, visual literacy

· PESAN MULTIINDRA

Adalah suatu pesan yang memanfaatkan lebih dari satu indra. Akhir-akhir ini, penyampaian pesan melalui visual saja hamper dikatakan kuno. Sesuatu yang lebih baru dan memiliki nilai tinggi adalah menjual dan memberikan suasana.

Suasana disini yang dimaksud adalah menyangkut multiindra. Suasana tersebut bisa berupa unsure visual, seperti dekorasi, tata ruang, penampilan pramusaji, dll.

Berbicara mengenai komunikasi memang sangat bervariasi. Alangkah kerennya kalau anda yang berkecimpung di dunia desain bisa mengerti semua tentang bahasa-bahasa komunikasi.

Cabang-cabang dari ilmu Desain Komunikasi Visual banyak sekali, yaitu sebagai berikut :

1. Ilustrasi

2. Fotografi

3. Tipografi

4. 3 dimensi

5. Multimedia

6. AVI/Elektronik Media

7. Computer Graphic

8. Animasi

9. Periklanan

10. Percetakan

11. Desain identitas

12. Dan masih banyak lagi cabang-cabangnya

Beberapa poin-poin di atas merupakan cabang dari Desain Komunikasi Visual, yah… memang masih banyak lagi cabangnya. Mungkin data-data di atas dirasa sangat kurang sekali bagi tmen2..maka dari itu penulis mengingatkan apabila tmen2 punya informasi yang sangat menarik mengenai dunia desain tidak ada salahnya di share ja ke email saya designer.yart@gmail.com.

Trimksih..








Tidak ada komentar:

Posting Komentar